STRUKTUR ANATOMI TUBUH MANUSIA

STRUKTUR ANATOMI MIKROSKOPIS

     Struktur anatomi mikroskopis adalah struktur yang tidak dapat dilihat tanpa bantual alat, dengan batasan melihat struktur sel (mikroskopis cahaya), melihat tingkat molekul tingkat sitologi (mempelajari struktur sel), dan histologi (mempelajari jaringan) dengan mikroskop elektron.
     Sel tersusun atas dasar substansi kimia dengan berbagai kombinasi. Atom merupakan bagian yang paling kecil dalam penyusunan hidup yang merupakan ion-ion yang bermuatan positif yang disebut proton, dan yang tidak bermuatan disebut netron, dan elektron mengitari proton. Contohnya, atom (hidrogen, nitrogen, oksigen, dan magnesium). Atom dapat bergabung satu sama lain dapat membentuk senyawa air (H2O), yang terdiri dari atom hidrogen dan oksigen. Sel merupakan unit dasar dari mahluk hidup, bagian terkecil dari mahluk hidup (tubuh manusia) yang tidak dapat dilihat dengan mata melainkan dengan mikroskop.
     Jaringan adalah sekumpulan sel dengan struktur yang sama dan serupa bentuk, besar, dan pekerjaannya yang terikat menjadi satu melaksanakan fungsi sama lain. Jaringan dasar tubuh manusia adalah (jaringan epitel, jaringan ikat,jaringan otot, dan jaringan saraf). Organ adalah kumpulan bermacam-macam jaringan yang menjadi satu, secara bersama-sama menjalankan fungsi tertentu. misalnya, organ jantung yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh, organ paru berfungsi untuk pernafasan. Sistem (susunan tubuh) adalah suatu susunan dari organ-organ (beberapa organ) yang mempunyai fungsi khusus yang saling berkaitan. Sistem ini terdiri dari:
  1. Sistem kerangka (skeletal): Tersusun atas tulang-tulang, kartilago, tendo dan ligamentum; membentuk rangka yang berfungsi untuk pergerakan, pembentukan postur, penyangga tubuh, pelindung organ, dan pembentukan sel darah.
  2. Otot (muskulo): Berfungsi untuk pergerakan tubuh. 
  3. Sistem pernapasan (respiratori): Tersusun dari organ paru, trakea, hidung, dan berfungsi untuk menyuplai oksigen dan pengeluaran karbondioksida.
  4. Sistem jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler): Organ jantung dan pembuluh darah berfunngsi untuk memompakan darah ke sirkulasi tubuh dan sirkulasi paru.
  5. Sistem pencernaan (digestif): Sistem tubuh yang secara khusus berfungsi menghasilkan suplai energi tubuh, terdiri dari organ mulut, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, rektum dan anus.
  6. Sistem kelenjar buntu (endokrin):Menghasilkan berbagai jenis hormon terdiri atas kelenjar-kelenjar endokrin seperti hipotalamus, tiroid, paratiroid, timus, adrenal, pankreas, dan kelamin. Kelenjar ini berperan dalam mengirim pesan-pesan kimia untuk mengontrol proses fisiologis.
  7. Sistem cairan tubuh dan elektrolit.
  8. Sistem darah.
  9. Sistem perkemihan (urinaria): Sistem tubuh yang berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat buangan dalam urine.
  10. Sistem reporoduki: Terdiri dari organ reproduksi laki-laki dan perempuan yang berfungsi untuk pembentukan keturunan.
  11. Sistem persarafan (nervosa): Terdiri dari susunan saraf pusat dan susunan saraf perifer yang berfungsi untuk menghantarkan impuls listrik dan mengontrol aktivitas tubuh bersama endokrin.
  12. Sistem pertahanan dan kekebalan tubuh.
  13. Sistem pengindraan: Terdiri dari mata, hidung, telinga, dan lidah yang berfungsi sebagai penglihatan, pendengaran, penciuman dan pengecapan. 
  14. Sistem kulit (integumen): Terdiri dari kulit dan pelengkap kulit (kuku, rambut, kelenjar keringat, dan keleenjar minyak. Sistem ini berfungsi sebagai pelindung permukaan tubuh, pembentukan suhu, dan sensasi rasa.
     Pengetahuan tentang susunan dari bagian-bagian beserta perlengkapan tubuh yang membentuk suatu sistem fungsional dalam keadaan normal. Pengetahuan setiap hal yang normal merupakan prasyarat penting untuk mempelajari hal yang abnormal (patologis) dalam membahas setiap perubahan struktur tubuh.

Komentar

  1. Iron-Titanium-arts - Titanium Games
    Iron-Titanium-arts has over 100 games, with up to 2,000 of them for titanium wheels mobile and suunto 9 baro titanium desktop. Whether you prefer classic RPGs or modern table games, the titanium frame glasses game titanium hair dye has been snow peak titanium

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia

ANATOMI DASAR